Wednesday, August 16, 2017

Kamus Tata Ruang (A2)




Alih Fungsi Lahan
Proses untuk mengubah fungsi lahan ke fungsi yang baru, misalnya dari fungsi lahan pertanian ke nonpertanian.

Aliran Dasar Sungai
Aliran air yang terjadi akibat pergerakan air permukaan (base flow).

Alur Laut Kepulauan
Alur laut yang dilalui oleh kapal atau pesawat udara asing di atas alur laut tersebut, untuk melakukan pelayaran dan penerbangan komersial secara normal semata-mata untuk transit, langsung, dan cepat.

Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)
Alur laut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan hak lintas alur laut kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut Internasional; alur ini merupakan alur pelayaran dan penerbangan yang dapat dimanfaatkan oleh kapal atau pesawat udara asing diatas laut tersebut untuk melaksanakan pelayaran dan penerbangan damai dengan cara normal; penetapan ALKI dimaksudkan agar pelayaran dan penerbangan Internasional dapat terselenggara secaraterus menerus, cepat dan tidak terhalang oleh perairan dan ruang udara teritorial Indonesia; ALKI ditetapkan untuk menghubungkan dua perairan besar, yaitu Samudra Pasifik, meliputi ALKI yang melintasi Laut Cina Selatan-Selat Karimata-Laut Jawa-Selat Sunda, ALKI yang melintasi Laut Sulawesi-Selat Makassar-Laut Flores-Selat Lombok, dan ALKI yang melintasi Samudra Pasifik-Selat Maluku-Laut Seram-Laut Banda.

Alur Migrasi
Alur perpindahan orang atau hewan dari suatu tempat ke tempat lain.

Alur Pelayaran
Perairan yang dari segi keadalaman, lebar, dan bebsa hambatan pelayaran yang lain dianggap aman dan selamat untuk dilayari oleh kapal di laut, sungai, atau danau; alur pelayaran dicantumkan dalam peta laut dan buku petunjuk pelayaran serta diumumkan oleh instansi yang berwenang; alur pelayaran digunakan untuk mengarahkan kapal masuk ke kolam pelabuhan; oleh karena itu, kapal harus melalui suatu perairan yang tenang terhadap gelombang dan arus yang tidak terlalu kuat.

Alur Sungai
Dasar sungai yang letaknya dalam dan memanjang tempat mengalirnya aliran sungai.

Aluvium
Bahan erosi yang terbawa aliran sungai, dihadapkan di lembah sehingga terbentuk lapisan endapan, misalnya Sungai Citarum, Sungai Cimanuk, Sungai Gangga, dan Sungai Nil.

Ambang Batas Emisi Kendaraan Bermotor
Batas maksimum zat atau bahan pencemar yang boleh dikeluarkan langsung dari pipa gas buang kendaraan bermotor.

Ambang Laut
Pegunungan didasar laut yang terletak diantara dua laut dalam, seperti ambang laut Sulu, ambang laut Sulawesi. (drempleI).

Ambang Pengaman Jalan
Struktur (bagian dari jalan) yang berdampingan dengan jalur gerak untuk melindungi perkerasan, menjamin kebesan samping, dan menyediakan ruang untuk tempat berhenti sementara, parkir, kadang-kadang dipakai oleh pejalan kaki atau sepeda.

Amdal
Singkatan dari analisis mengenai dampak lingkungan hidup, yaitu kajian tentang dampak besar dan pentingnya suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Amdal Kegiatan Terpadu
Hasil kajian mengenai dampak besar dan penting usaha dan/atau kegiatan yang terpadu yang direncanakan terhadap lingkungan hidup dan melibatkan lebih dari satu instansi yang membidangi kegiatan dimaksud; sinkatan amdal kegiatan multisektor.

Amenitas
Bangunan atau jasa. Berfungsi untuk memberikan kemudahan; hal ini menyangkut aspek lingkungan perkotaan, misalnya penampilan bagian kota yang estetis, menyenangkan, dan memberikan kenyamanan yang ditawarkan oleh lingkungan perkotaan (amenity).

Amplop Bangunan
Batas maksimum ruang yang diizinkan untuk dibangun pada suatu tapak atau persil, dibatasi oleh garis sempadan bangunan muka, samping, belakang, dan bukan langit (sky eksposure).

Amplop Ruang
Ketentuan dalam pemanfaatan ruang meliputi ketentuan mengenai koefisien dasar bangunan (KDB), Koefisien Lantai Bangunan (KLB), dan Garis Sempadan Bangunan (GSB).

Anak Sungai
Sungai kecil yang mengalir ke sungai yang lebih besar.

Analisis Aspek Ekonomi
Kajian untuk mengenali potensi lokasi, potensi sumberdaya alam, manusia, dan buatan agar dengan usaha yang minimum dapat memperoleh hasil yang optimum; kajian ini bertujuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat, serta terjadinya investasi dan mobilisasi dana.

Analisis Aspek Fisik dan Lingkungan
Kajian untuk mengenali karakteristik sumberdaya alam dengan menelaah kemampuan dan kesesuaian lahan; kajian ini bertujuan agar pemanfaatan lahan dapat dilakukan secara optimal dengan tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem.

Analisis Aspek Sosial Budaya
Kaian untuk mengenali struktur sosial budaya serta prasarana dan sarana budaya; kajian ini dilakukan untuk mencapai pemanfaatan sumberdaya alam secara berkelanjutan bagi peningkatan kesehjateraab masyarakat yang bersifat lahiriah, batiniah, atau spiritual.

Analisis Masukan Keluaran
Metode untuk mengukur hubungan antara pelbagai sektor produksi dan sektor konsumsi dalam suatu perekonomian nasional; metode ini dapat diterapkan pada kajian sistem ekonomi yang lebih kecil seperti untuk metropolis atau suatu perusahaan (input-output analysis).

Ancaman Bencana
Kejadian atau peristiwa yang dapat menimbulkan bencana.

Ancangan Kota Tani
Konsep (diperkenalkan oleh Jhon Friedman) tentang unsur kehidupan perkotaan pada daerah pertanian untuk mengubah suasana desa menjadi suasana kota-desa (suasana perkotaan di tengah-tengah daerah pertanian); kepadatan efektif penduduk adalah 200 jiwa per km2, mempunyai cukup kewenangan otonomi dan kemampuan sumberdaya ekonomi sendiri untuk menyelenggarakan pembangunan kotanya (Agropolitan Approach).

Andal
Singkatan daro analisis dampak lingkungan, yaitu kajian secara cermat dan mendalam tentang dampak besar dan penting suatu rencana usaha dan/atau kegiatan (environmental impact analysis).

Aneksasi Wilayah

Pemekaran wilayah dengan cara menggabung daerah administrasi di sekitarnya ke dalam wilayah yang bersangkuta; penggabungan.

Catatan : tanda titik koma dua (;), digunakan sebagai penanda akhir definisi atau penjelasan utama sebuah tema yang diberi penjelasan tambahan ataupun juga sebagai tanda yang bermakna sinonim.